Senin, 03 Februari 2014

Berbakti kepada Kedua Orang Tua



Assalamu ‘alaikum……..

Hamdan wa syukrollillah, Asholatu wassalamu ‘ala nibiyil musthofa muhammadin wa’ala alihi washohbihi wassllim ajma’in. (amma ba’d)
Yang saya hormati para dewan juri, Pak Ustad dan Ustadzah, para pejabat tamu undangan, serta teman-temanku yang berbahagia.
Teman-teman saya mau nanya nih... teman-teman sayang ngak sama orang tua…? Pasti sayang semua. Kalau ngak sayang berarti anak dur..ha..ka.. Kalau anak durhaka hidupnya pasti tidak bahagia dan pasti masuk neraka.

Saudara-saudaraku yang dirahmati Allah. Sebagai seorang Muslim kita wajib berbakti kepada ibu dan  bapak sebagaimana difirmankan dalam dalam Al-Qur’an surat An-Nisa’ ayat 36
“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua”.

Saudara-saudaraku yang dirahmati Allah,
Saat hamil, ibu selalu dalam kepayahan karena mengandung kita, sementara bapak bekerja siang dan malam untuk kelahiran kita. Bahkan sampai sekarang kasih sayangnya tiada terkira. Subhanallah, betapa mulia jasa kedua orangtua kita!
Ada sebuah kisah :
Pada suatu hari, ada seorang sahabat bertanya kepada Nabi Muhammad saw.
“Wahai nabi…Siapa manusia yang paling kita hormati?
“nabi menjawab..Ibumu,”
”Lalu siapa lagi ya rasul?
“Ibumu,”
“Lalu siapa lagi ya rasul?”
“Ibumu,” lagi-lagi Nabi memberi jawaban dengan jawaban yang sama hingga tiga kali.
“Lalu siapa lagi ya rasul?”
“baru nabi menjawab..Ayahmu.”
Hadirin yang berbahagia
Sungguh luar biasa ibu dan ayah, Karena itu sayangilah mereka berdua, jangan sesekali menyakitinya, niscaya Allah akan menurunkan siksa dan neraka balasannya. Oleh karena itu marilah kita senantiasa berdoa untuk mereka:

اَللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ وَ لِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرًا

Demikian yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan.

Beli kelapa dicampru madu
Oleh-oleh buah rambutan
Anak durhaka nggak akan laku
Anak berbakti jadi rebutan

Wassalamu ‘alaikum……...

Oleh : Heri Sujiyanto, S.Ag

66 komentar:

  1. sip deh buat yang bikin blok ini ana setuju banget

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Wah sangattttttt bermanfaat

      Hapus
    2. bagus sekali makasih ya membantuku untuk aku lomba pidato pokoknya good joob banget deh aku jadi bisa ikut lomba pidato nih makasih banget teks nya bermanfaat juga buat anak anak durhaka bikin lebih banyak teks pidato lagi sama aja kita membantu orang dan itu perilaku terpuji kan saya suka banget nanti bikinin dong pidato perbedaan anak durhaka dengan anak soleha ya terimakasih sebelumnya itu juga kalo mau si saya tidak maksa

      Hapus
    3. Sukrii Ya Ustadz, ana beruntung dapat konsep untuk belajar dakwah

      Hapus
    4. Syukron ustadz, insyaa Alloh akan saya jadikan sebagai konsep buat lomba pidato anak saya.

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Ijin Copas yaa, mudah2an jadi berkah...

    BalasHapus
  5. ijin copas,,buat prsiapan lomba anak2 ya..makasih

    BalasHapus
  6. Siiip... Sangat manfaat. Izin copas, ya...

    BalasHapus
  7. Siip sangat bermanfaat izinkan sy copas dan semoga sy bisa juara.... Amiiinnnnn

    BalasHapus
  8. semoga dengan ini terbukalah hati kita

    BalasHapus
  9. assalamualaikim,,salam kenal ustadz
    saya izin baca dan copas ya ,,jazakallah

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. ijin copas yaa untuk si kecilku yg baru belajar, semiga bermanfaat

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum pak. Wah seneng nih saya ketemu blog bapak. Masih inget sm saya ga pak? Hehe. Saya Zira murid ngaji bapak pas saya SD. Dan ayah saya nitip salam buat pa heri dan keluarga😊

    BalasHapus
  13. makasih.....izin copas.....jazakallah.

    BalasHapus
  14. ijin copy teks nya ustadz semoga menjadi berkah

    BalasHapus
  15. Makasih.. Pidato ini saya pakai untuk lomba sekecamatan alhamdulilah menang

    BalasHapus
  16. Alhamdullilah makasih ustadz saya juara 1 membawakan pidato ini🙏🙏🙏

    BalasHapus
  17. Sip cocok banget ni buat dai aku thank you

    BalasHapus
  18. Mantap 🖒🖒🖒🖒🖒🖒🖒🖒🖒🖒🖒🖒🖒🖒🖒🖒🖒🖒🖒🖒🖒🖒🖒

    BalasHapus
  19. Saya izin copast bwt anak saya da'i di skolah nya :)😁

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Makasihya, bagus untuk tugas pidato

    BalasHapus
  22. izin copas untuk lomba anak didikku, matur suwun

    BalasHapus
  23. ijin pinjam teks nya ya ustadz

    BalasHapus
  24. Syukron ustadz insyaa Alloh, saya jadikan sebagai konsep buat lomba pidato anak saya

    BalasHapus
  25. Ijin copas ya..
    Darurat nih.. 😁😁

    BalasHapus
  26. Mantap pisan.
    Izin Copas Ustadz

    BalasHapus